Cara Instal Windows 7 Lengkap Dengan Gambar


Cara instal windows 7Cara instal windows 7. Bagi yang belum pernah melakukan install ulang windows seperti windows xp, vista, 7, dan sebagainya, kali ini akan membahas bagaimana cara instal windows 7 lengkap dengan gambar.

Sebelum melakukan instal ulang windows 7, Anda harus sudah mempunyai software untuk cara instal windows 7 yang dapat Anda simpan dalam sebuah kepingan DVD atau flashdisk. Jika belum mempunyainya, Anda dapat mendownload atau membeli softwarenya. Bagi yang ingin mendownload secara gratis, Anda dapat mencarinya di Google. Berikut langkah-langkah cara instal windows 7.

Cara Instal Windows 7

  1. Atur BIOS pada PC yang akan diinstall ulang. Nyalakan PC Anda, sebelum start up sistem operasi biasanya terdapat sebuah petunjuk yang sudah tertulis pada layar bagian bawah monitor untuk menekan tombol tertentu supaya bisa masuk ke pengaturan BIOS PC Anda. Apabila sudah masuk ke dalam BIOS, atur first boot menjadi CD/DVD apabila ingin melakukan instal ulang windows menggunakan DVD atau Anda dapat merubah menjadi removable disk apabila ingin instal ulang windows menggunakan flashdisk. Kemudian save dan restart.
  2. Setelah PC kembali menyala, pada layar akan muncul sebuah tulisan "Press any key to boot from CD or DVD" Kemudian tekan tombol terserah apa saja dan selanjutnya akan mempersiapkan proses penginstalan windows.
  3. Pilih bahasa, waktu & format mata uang, serta dan keyboard atau metode input. Kemudian "Next".
  4. Pilih bahasa, waktu & format mata uang, serta dan keyboard atau metode input
  5. Klik "Install Now".
  6. Klik "Install Now"
  7. Centang tulisan "I accept the license terms" kemudian "Next".
  8. Centang tulisan "I accept the license terms"
  9. Klik "Upgrade" apabila sudah mempunyai versi Windows yang sebelumnya atau pilih "Custom (advanced)" apabila belum memiliki versi Windows yang sebelumnya ataupun ingin menginstall salinan windows 7 yang baru.
  10. Pilih "Upgrade" atau "Custom (advanced)"
  11. (Lewati langkah ini apabila memilih "Upgrade" dan PC Anda hanya memiliki 1 partisi) Pilih drive mana yang ingin menginstall Windows 7 kemudian "Next". Apabila ingin membuat partisi baru, klik "Drive options (advanced)", buatlah sebuah partisi kemudian klik "Next".
  12. Pilih drive untuk install windows 7
  13. Proses instal windows 7 dimulai. Langkah yang pertama yaitu Windows sudah mulai menyalin file dan sudah dilakukan ketika booting DVD/fd Windows 7 sehingga hal ini dapat selesai dengan seketika.
  14. Proses install windows 7 langkah 1
    Langkah 1 selesai
  15. Setelah langkah pertama tersebut sudah selesai, maka proses akan memperluas decompress file sebelumnya telah disalin.
  16. Langkah 2 selesai
  17. Tunggu sampai langkah 3 dan 4 selesai dan sama seperti langkah sebelumnya.
  18. Langkah 3 selesai
    Langkah 4 selesai
  19. Setelah semua langkah selesai, maka akan secara otomatis merestart setelah 15 detik dan akan melanjutkan setup.
  20. PC akan restart
  21. Setelah restart pada saat pertama kalinya, proses setup dilanjutkan. Ini merupakan langkah terakhir sehingga tidak akan mengambil waktu yang mungkin memakan waktu yang agak lama daripada langkah-langkah sebelumnya.
  22. Proses install langkah 1-4 selesai
  23. Ketik nama pengguna Anda yang diinginkan ke dalam kotak-teks, kemudian klik "Next" dan nama PC akan otomatis terisi.
  24. Ketik nama pengguna
  25. Apabila ingin mengatur kata sandi, ketik pada kotak teks, kemudian klik "Next".
  26. Apabila ingin mengatur kata sandi
  27. Ketik kata kunci produk ke dalam kotak-teks, kemudian klik "Next". Anda dapat melewatkan langkah yang ini dan klik "Next" lagi apabila ingin mengetik kata kunci produk windows 7 nanti. Windows berjalan hanya selama sekitar 30 hari jika melakukan ini.
  28. Ketik kata kunci produk
  29. Pilih opsi pilihan yang di inginkan untuk masalah mengenai Windows Update.
  30. Windows Update
  31. Pilih zona waktu, kemudian "Next".
  32. Pilih zona waktu
  33. Jika PC Anda terhubung ke jaringan apapun, proses ini akan meminta untuk menetapkan lokasi jaringan tersebut.
  34. Tetapkan lokasi jaringan
    Proses menetapkan lokasi jaringan
  35. Selesai.
  36. Proses install windows 7 selesai
    Proses selesai
    Menyiapkan tampilan dekstop
    Tampilan dekstops setelah install windows 7
Itulah bagaimana cara instal windows 7 lengkap dengan gambar. Setelah semua proses install ulang selesai dan mungkin semua proses tersebut menghabiskan waktu yang lama. Setelah itu, masukkan driver PC Anda untuk menginstall driver-driver yang diperlukan. Setelah menginstall driver-driver PC Anda, Anda sudah dapat menggunakan PC Anda tersebut seperti layaknya PC yang masih baru.

0 Response to "Cara Instal Windows 7 Lengkap Dengan Gambar"

Posting Komentar