Pengertian CPU dan Fungsi CPU


Pengertian CPU

Pengertian CPU


Pengertian CPU yang dalam bahasa Indonesia yaitu Unit Pemroses Sentral (UPS) yang merujuk pada suatu perangkat keras sebuah komputer yang bertugas untuk memahami serta melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain dari CPU yaitu  pemroses atau prosesor (dalam bahasa Inggris : processor), sering digunakan untuk menyebut CPU itu sendiri.

Adapun mikroprosesor merupakan CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu dan seringkali dalam paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan pada tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal tersebut sudah umum digunakan dan sudah menjadi sebuah aspek yang penting dalam penerapan CPU itu sendiri. Itulah pengertian CPU itu sendiri. Berikut fungsi CPU.

Fungsi CPU


Fungsi CPUCPU berfungsi bagaikan kalkulator, namun CPU hanya saja jauh lebih kuat daya pemrosesan yang dimilikinya. Fungsi CPU itu sendiri adalah melakukan sebuah operasi aritmatika serta logika terhadap data yang diambil dari informasi ataupun memori yang sebelumnya telah dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti : papan tombol (keyboard), tuas kontrol, pemindai (scanner), maupun tetikus (mouse). CPU itu sendiri dikontrol dengan menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer dan perangkat lunak tersebut dijalankan oleh CPU dengan cara membacanya dari sebuah media penyimpanan, seperti cakram keras, disket, dan sebagainya. Instruksi tersebut disimpan terlebih dahulu pada sebuah memori fisik atau MAA dan setiap instruksi akan diberi sebuah alamat yang unik disebut alamat memori. Kemudian, CPU mengakses data-data pada MAA atau memori fisik dengan menentukan alamat data yang telah dikehendaki.

Saat sebuah program tersebut dieksekusi, data akan mengalir dari RAM (Random Acces Memory) ke sebuah unit yang disebut dengan nama bus. Bus berguna untuk menghubungkan antara CPU dengan MAA atau memori fisik. Data tersebut kemudian didekode dengan
menggunakan sebuah unit proses disebut sebagai pendekoder instruksi dan dapat sanggup menerjemahkan sebuah instruksi. Data itu kemudian berjalan ke unit aritmatika dan logika atau ALU yang kemudian melakukan kalkulasi serta perbandingan. Data tersebut dapat disimpan secara sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori disebut dengan register agar dapat diambil kembali secara cepat untuk diolah.

ALU atau logika dapat digunakan untuk melakukan operasi-operasi tertentu yang meliputi : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pengujian kondisi terhadap data yang terdapat dalam register, hingga akhirnya mengirimkan hasil pemrosesan tersebut kembali ke memori fisik atau MAA, media penyimpan, ataupun register apabila akan mengolah hasil pemrosesan itu lagi. Selama proses tersebut terjadi, sebuah unit yang terdapat dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi-instruksi sukses yang dijalankan agar instruksi-instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar serta sesuai.

Itulah pengertian CPU dan fungsi CPU. Sekarang Anda sudah mengetahui pengertian CPU dan fungsi CPU tersebut. Baca juga sebuah artikel yang membahas mengenai bagaimana cara membuat folder.

0 Response to "Pengertian CPU dan Fungsi CPU"

Posting Komentar