Pengertian Psikotropika Serta Golongan Psikotropika


Pengertian psikotropika

Pengertian Psikotropika

Pengertian psikotropika. Psikotropika merupakan zat atau pun obat, baik alamiah maupun sintetis yang bukan narkotika dan psikotropika berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif yang terjadi pada susunan saraf pusat. Hal ini dapat menyebabkan perubahan khas yang terjadi pada aktivitas mental dan perilaku dari pemakai.

Golongan Psikotropika


Menurut Undang-Undang No. 5 tahun 1997, tentang narkoba jenis psikotropika dibedakan menjadi sekitar 4 golongan, antara lain:
  1. Golongan I, mempunyai potensi yang sangatlah kuat untuk menyebabkan ketergantungan dan dinyatakan sebagai barang terlarang. Contoh : ekstasi (MDMA = 3,4-Methylene-Dioxy Methil Amphetamine), LSD (Lysergic Acid Diethylamid), serta DOM.
  2. Golongan II, mempunyai potensi yang kuat untuk menyebabkan ketergantungan. Contoh : amfetamin, metamfeamin atau sabu, dan fenetilin.
  3. Golongan III, mempunyai potensi yang sedang untuk menyebabkan ketergantungan, dapat digunakan juga untuk pengobatan tetapi harus dengan menggunakan resep dari dokter. Contoh : amorbarbital, mogadon (sering disalahgunakan), dan brupronorfina.
  4. Golongan IV, mempunyai potensi yang ringan untuk menyebabkan ketergantungan, dapat digunakan sebagai pengobatan tetapi harus dengan menggunakan resep dari dokter seperti pada golongan III. Contoh: diazepam, nitrazepam, pil koplo (sering disalahgunakan), lexotan (sering disalahgunakan), obat penenang (sedativa), serta obat tidur (hipnotika).
Itulah pengertian psikotropika dan golongan psikotropika.

0 Response to "Pengertian Psikotropika Serta Golongan Psikotropika"

Posting Komentar