Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot yang Efektif


Cara mengatasi Android lemot
Cara mengatasi Android lemot. Apabila hp Android Anda lemot, kemungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan smartphone Android menjadi lemot. Hal ini mungkin terjadi karena memori yang sudah hampir habis atau menipis karena terlalu banyak menginstall sebuah aplikasi ataupun game. Atau hp Android menjadi lemot dapat juga disebabkan karena pengaturan Android pada smartphone Anda yang banyak mengurasi kinerja smartphone tersebut dan berikut ini bagaimana cara mengatasi Android lemot. Sebelumnya baca juga mengenai artikel tentang aplikasi kamera Android terbaik serta aplikasi penghemat baterai Android yang patut Anda coba.

Cara Mengatasi Android Lemot

  1. Matikan Live Wallpaper
  2. Dengan menginstall Live Wallpaper mungkin dapat mempercantik tampilan interface pada smartphone Anda. Namun, dengan sisi lain hal ini dapat memperlambat kinerja ponsel tersebut. Hal ini karena Live Wallpaper akan membuat animasi tersebut akan terus berjalan serta ponsel Anda akan dipaksa untuk terus bekerja. Nah, mematikan live wallpaper akan dapat membuat pergerakan scroll pada desktop smartphone menjadi ringan dan lancar.

  3. Tutup aplikasi yang masih berjalan di background
  4. Dengan menekan tombol home akan dapat menampilkan aplikasi yang sedang berjalan. Sementara itu apabila menekan tombol back pada saat aplikasi yang Anda gunakan sedang berjalan, maka akan secara otomatis menutup serta mematikan aplikasi tersebut. Untuk itu, alangkah baiknya untuk mulai saat ini apabila ingin membuka suatu aplikasi lain jangan lupa untuk menutup aplikasi yang masih berjalan dengan menekan sebuah tombol back ataupun mematikannya dengan menggunakan sebuah aplikasi, salah satunya Task Killer.

  5. Kurangi penggunaan widget
  6. Widget merupakan sebuah shortcut ataupun ikon yang menampilkan informasi secara realtime pada homescreen. Dengan karakter yang selalu mengambil serta dengan menampilkan informasi secara realtime, maka hal ini dapat berimbas pada lambatnya kinerja ponsel smartphone Anda. Selain itu dengan memiliki widget yang sudah terlalu banyak dapat membuat baterai serta bandwith akan menjadi lebih cepat habis. Sebaiknya kurangi penggunaan widget pada smartphone Anda tersebut.

  7. Gunakan memory eksternal
  8. Cara mengatasi Android lemot berikutnya adalah dengan menggunakan memory eksternal. Menyimpan terlalu banyak file atau dokumen di dalam memory internal dapat membuat ponsel menjadi lemot atau lambat. Alangkah baiknya untuk menggunakan sebuah memory eksternal serta gunakan untuk menyimpan sebuah file-file seperti foto, musik, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menggunakan sebuah memory eksternal yang memiliki kualitas baik.

  9. Hapus aplikasi tidak penting
  10. Semakin banyak aplikasi yang terinstall pada smartphone Anda, maka dapat akan membebani memory yang pada akhirnya dapat membuat kinerja ponsel menjadi semakin berat. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menghapus aplikasi yang menurut Anda tidak penting atau jangan menginstall aplikasi yang tidak penting yang dapat membebani memory pada ponsel Anda.

  11. Apabila tidak perlu, jangan menggunakan Auto Rotate
  12. Fitur screen rotation dapat membuat tampilan screen menjadi horizontal ataupun vertical secara otomatis sesuai dengan keinginan kita. Namun, terlebih disarankan agar tidak mengaktifkan fitur tersebut apabila Anda memang sedang tidak memakainya dan menganggap fitur Auto Rotate tidak penting. Hal ini untuk membantu mempercepat kinerja pnsel smartphone Android Anda.

  13. Matikan Auto Update Apps
  14. Mengaktifkan fitur update otomatis pada aplikasi yang terdapat di menu setting Play Store, memang akan dapat mempermudah untuk membuat aplikasi terus diperbarui secara otomatis dan tanpa harus mengeceknya secara manual satu persatu aplikasi Anda tersebut. Namun, fitur tersebut dapat membebani kinerja ponsel smartphone Android Anda, apalagi apabila ketika tiba-tiba ponsel sedang mendownload ataupun menginstal sebuah aplikasi pada saat sedang menjalankan aplikasi lain yang mungkin akan memakan banyak memory pada ponsel Anda.

  15. Jangan gunakan Auto Brightness
  16. Fitur auto brightness berfungsi untuk agar dapat mengetahui intensitas cahaya yang diterima oleh smartphone Android Anda. Dengan hal ini, maka fitur tersebut dapat membuat intensitas cahaya pada Android untuk menyesuaikan dengan keadaan cahaya pada sekitar kita. Selain itu dapat membuat ponsel Android Anda menjadi lebih lambat dan baterai dapat cepat habis.

  17. Hindari menginstall aplikasi yang terlalu banyak
  18. Bagi yang memiliki ponsel smartphone Android dengan RAM yang terbatas, alangkah baiknya untuk tidak jangan menginstall aplikasi yang terlalu banyak. Hal ini karena apabila smartphone Anda memiliki aplikasi yang terlalu banyak dapat mengakibatkan smatphone Anda akan menjadi hang atau pun lemot karena kinerja ponsel yang menjadi lebih berat karena kebanyakan aplikasi.

  19. Hapus cache yang terdapat pada memori internal
  20. Cache merupakan sebuah penyimpanan memori yang bersifat sementara. Keberadaan cache tersebut akan terus bertambah, sehingga cache tersebut dapat mengambil banyak memori serta pada akhirnya membuat smartphone menjadi lambat atau lemot. Untuk mengatasinya, install aplikasi yang bernapa History Eraser pada smartphone Android Anda.

Itulah 10 cara mengatasi Android lemot yang efektif dan dapat Anda coba.

1 Response to "Inilah 10 Cara Mengatasi Android Lemot yang Efektif"

  1. Smartphone Android yang lemot emang menjengkelkan -_-
    Tapi setelah saya coba cara disini, smartphone sedikit ada peningkatan, yang pastinya makin cepat dan lemotnya berkurang

    BalasHapus